PERAWATAN AKI

22 Maret 2011

TIPS PERAWATAN AKI

Aki merupakan bagian yg penting pada sepeda motor, tentu Friends tidak mau kn jika suatu saat di jalan motor Friend ngadat gara2 aki soak!!! Tentunya ini bikin kita harus lebih perhatian. Perawataan jadi kunci utama, baik aki kering maupun aki basah. Maksudnya tentu supaya kocek nggak bolong karena harus jajan aki baru. Lebih jelas dibahas sesuai tipe.

AKI KERING
Aki kering banyak yang bilang free maintenance. Apakah betul begitu? “Kalau dari segi masalah pengisian air aki memang begitu. Tapi bukan berarti nggak perlu diperhatikan,” kata Sachruddin, Technical Support PT GS Battery.
“Meski namanya aki kering, tapi sebenarnya di dalam aki itu tetap ada cairan atau gel. Jadi, bukan berarti kering sama sekali,” lanjut Sachruddin menjelaskan.
Dibilang tidak perlu pengisian air aki karena memang sudah didesain sedemikian rupa. Tujuannya supaya tidak terjadi penguapan air sampai aki benar-benar rusak.
Untuk aki jenis ini, perawatan rutin yang perlu dilakukan adalah membersihkan kepala aki dari berbagai kotoran. Tujuannya supaya arus aki yang keluar tetap normal.
Sementara jika arus setrum yang dihasilkan sudah mulai ngedrop, tetap bisa di-charge. “Tapi harus menggunakan chargerotomatis untuk menghindari overcharge,” tambah pria ramah itu lagi.
Aki kering juga bisa ngedrop, Bro! Biasanya terjadi akibat pemakaian yang luar biasa. “Misal lampu motor hidup seharian atau kunci kontak pada posisi ON seharian,” tambahnya.
Tanda ngedrop bisa diketahui lewat suara klakson yang hilang. Atau bisa juga sein mulai redup atau bahkan tidak mau diajak berkedip lagi.

AKI BASAH
Nah, bagaimana aki biasa atau basah. “Jangan sampai air aki kering atau ada di bawah petunjuk batas low,” kata Tris dari Bursa Battery di Jl. Lapangan Bola, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Dia sudah puluhan tahun jual aki makanya paham banget masalah perawatan aki. Telebih juga sering ikut seminar perkembangan aki dari para produsen. “Kalau sampai kering aki bisa meledak, lho,” katanya menguatkan.
“Untuk pengisian aki sebaiknya dilakukan pagi hari sebelum motor diajak jalan. Itu bertujuan supaya sel aki tidak dalam kondisi mengembang dan kaget menerima air aki dingin. Juga biar nggak telat lagi,” timpal Sachruddin lebih lengkap.
Untuk aki jenis ini ada beberapa bagian yang harus diperhatikan. Selain volume air, kebersihan terminal juga perlu dijaga dan dipantai. “Biasanya di terminal aki akan terbentuk butiran garam efek dari penguapan air aki,” lanjut Tris.
Agar itu tidak terjadi, harus sering dibersihkan pakai sikat kawat. “Setelah itu kepalanya sedikit diolesi gemuk supaya butiran garam tadi tidak kembali menempel,” lanjut warga BSD, Tangerang ini.
Nah, jika perawatan rutin seperti ini dilakukan bisa dipastikan umur aki jadi lebih panjang. Daftar belanjaan bulan ini pun jadi berkurang?

JANGAN DILAKUKAN!!
Poin berikut ini haram dilakukan jika ingin aki berumur panjang. Beberapa poin bantahan dari mitos yang berkembang selama ini.
Selalu jaga volume air aki, jangan sampai kurang atau kering
Saat menguras aki jangan dikocok, tuangkan air aki lama dengan cara normal. Setelah itu diisi air aki baru dan kemudian disetrum kembali.
Proses menguras jangan diselingi mengisi aki dengan air panas karena akan merusak bagian dalam aki.
Ketika ngecharge, pastikan arus yang mengalir itu lancar. Hindari pengisian dengan mesin diesel karena biasanya akan terjadi banyak getaran sehingga arus jadi tidak stabil.
Jika punya stok aki cadangan, jangan dibiarkan kosong. Aki yang tidak dipakai sebaiknya tetap berisi air aki.
Saat ngecharge usahakan tidak terburu-buru. Sesuaikan waktunya dengan standar pengisian. Jika terburu-buru dilakukan pengisian dengan arus jauh melebihi standar berakibat merusak aki itu sendiri. Pengisian normal untuk aki motor butuh waktu kurang lebih 2 jam.
Ketika menambah air aki jangan sampai terlalu penuh dan melimpah. Itu bisa merusak bagian di sekitar aki. Misalnya jika menetes ke rangka motor bisa rusak bahkan patah.

MENGENAL AIR AKI
Ada dua air aki di pasaran. “Yang pertama dengan tutup botol merah atau botol merah dan yang kedua tutup biru,” beber Sachruddin.
Water alias air di botol merah biasa juga disebut air zuur. Biasanya digunakan saat pengisian pertama aki. Unsur kimia yang dikandung H2SO4 sudah mengandung setrum. Sehingga aki baru tidak perlu dicharge lagi.
Sedang botol biru berisi air murni atau yang telah melewati penyulingan. Air murni ini punya rumus kimia H2O. Air ini digunakan saat penambahan air aki. Karena itu sebaiknya selalu disimpan untuk persediaan.
Tapi, jika air aki mulai kering dan kita susah mendapatkan air botol biru tadi, air mineral juga bisa digunakan. Misal ketika berada di tengah hutan atau di wilayah sepi. Ketimbang aki meledak karena kekeringan, lebih baik tambahkan pakai air mineral yang ada. “Cara ini sah untuk kondisi darurat,” yakin Tris.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: