Setelan Rantai Motor Off-Road

Snail Puller Chain, Setelan Rantai Aplikasi Motor Off-Road


Puller chain tipe snail. Hemat waktu!

Seiring perkembangan teknologi rantai, komponen penyetel ketegangan rantai juga mengikuti. Meski belum di semua tipe motor, tapi teknologi ini jelas lebih praktis ketimbang setelan rantai yang sudah ada lebih dulu di motor umumnya.

Contohnya di Yamaha. Khususnya, di New Jupiter MX 135LC dan V-ixion. “Kami menyebutnya puller chain tipe snail,” ujar Muhammad Abidin, Manajer Technical Service, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI).

Disebut begitu, karena bentuknya meyerupai keong atau siput. Sebenarnya, puller chain model ini juga tidak tergolong baru banget. Karena YMKI sendiri mengadopsi dari model part di pacuan garuk tanah mereka. Tapi, untuk motor harian atau umum, jelas belum banyak yang mengaplikasi.

Awalnya YMKI juga agak ragu buat terapkan di motor produksinya. Ya, seperti motor harian sobat tuh. Karena kondisi ini seperti mengubah kebiasaan. Tapi terbukti, malah disukai. Terlebih bagi para mekanik.


Hilangkan kesalahan seting

Keuntungannya ketika aplikasi part ini, terletak di sisi waktu. Artinya, lebih cepat. Karena sobat tidak perlu memutar satu per satu mur pengencang di setelan. Apalagi melihat jarak antar setiap garis. Hal ini yang coba dihilangkan. Belum lagi jika ada garis yang rusak atau tertutup karat.Bikin susah menghitung garis tuh!

Puller chain model snail, cukup memposisikan tiap angka di posisi yang sama. Semakin besar angka, maka roda akan jauhi sumbu as arm. Gitu juga sebaliknya. Jadi, roda akan tetap center alias lurus. “Ini yang coba ditawarkan. Tingkat kesalahan seting minim, tapi servis ability jadi lebih cepat,” jelas pria akrab disapa Abidin ini. Okay!  (motorplus-online.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: