TIPS MERAWAT SEPEDA MOTOR DISAAT MUSIM HUJAN

21 Mar

21 Maret 2011

Cuaca sekarang sangat sulit untuk diprediksi. Terkadang panas, tapi bisa juga hujan. Bila sudah turun hujan biasanya motor Bikes akan kebasahan. Dan bila sudah begini, mau tidak mau Bikes mesti mencuci motor yang telah basah kuyup. Sebab, bila Bikes membiarkan motor dalam kondisi basah, bisa-bisa terjadi karat di beberapa bagian motor Bikes.

Apa saja yang mesti Bikes persiapkan dan jaga dalam kondisi hujan. Berikut tips merawat motor di saat hujan yang disarankan oleh Service Technical Advisor YMKI Jawa Barat, April Priatno.

1. Ban

Dalam cuaca basah, Bikes mesti periksa kondisi ban motor. Yang pertama adalah tekanan angin. Sesuaikan tekanan angin ban motor Bikes dan jangan biarkan ban motor kurang angin. Hal ini untuk menjaga stabilitas motor saat jalanan basah. Kedua adalah jalur ban. Bila jalur ban sudah tipis atau gundul, maka Bikes mesti menggantinya. Karena tipisnya ban akan berakibat fatal dan laju motor menjadi licin.

1. Kampas rem

Saat musim hujan, daya cengkram kampas rem akan berkurang akibat basah. Bila kampas rem Bikes sudah habis, segeralah ganti kampas rem. Jangan biarkan kampas rem tipis karena bisa menimbulkan kecelakaan saat Bikes melakukan rem dadakan.

1. Rantai

Untuk rantai terbuka, lumasi rantai yang telah terkena hujan agar tidak cepat kering dan aus. Sedikit demi sedikit, air hujan akan menyusutkan pelumas di rantai Bikes. Secara tidak langsung, air hujan bisa mengkikis pelumas di rantai dan bisa menyebabkan rantai kering.

1. Busi

Pastikan busi Bikes tertutup dengan benar oleh kepala busi. Kepala busi berfungsi sebagai pencegah masuknya air kala hujan atau saat jalan terendam banjir.

1. Box filter

Bila Bikes melepas box filter pada karburator, maka untuk musim hujan harap dipasang kembali box filter. Jika box filter tidak terpasang, air hujan bisa langsung masuk ke karburator dan bisa mengakibatkan motor mogok.

1. Knalpot

Jangan biarkan leher knalpot dalam kondisi basah. Jika dibiarkan, leher knalpot bisa berkarat dan keropos. Pastikan leher knalpot kering setelah terkena hujan atau banjir.

1. Jari-jari roda

Gunakan lap bersih untuk mengkeringkan jari-jari roda yang kebasahan. Bila tidak, jari-jari pada velg Bikes akan keropos. Keropos pada velg memang tidak tampak di luar, tapi terjadi di dalam velg.

Perawatan adalah hal mudah untuk menjaga kondisi motor Bikes tetap prima. Jangan malas dan menganggap sepele masalah perawatan motor di saat hujan. Bersihkan motor Bikes yang telah terkena air hujan dan pastikan di lap hingga kering.

(Dari Berbagai Sumber)

One Response to “TIPS MERAWAT SEPEDA MOTOR DISAAT MUSIM HUJAN”

  1. ivanolegnum 31 January 2012 at 2:08 am #

    brader admin,,
    judul backsong web ini apa ya?
    asiiyk, hhe😀

    salam “POWER INDONESIA”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: