Cara hitung Panjang Rantai

Dua Cara Menghitung Panjang Rantai, Enggak Perlu Diukur!


Tiga Angka Terakhir

Mengetahui ukuran pan­jang rantai enggak per­lu susah mengukur. Pula enggak perlu pakai meteran karena cara ini bisa jadi malah salah. Runyam, deh!

Panjang rantai tinggal lihat tiga angka setelah tanda (-) yang ada di rantai. Misal, 428-100. Angka 100 menunjukan ukuran panjang rantai.

Menghitung panjang rantai bisa dari jumlah mata rantai. Yang disebut mata rantai adalah lubang masuknya gigi sproket dan belakang. Jangan lupa panjang rantai juga dihitung dari jumlah pin yang tipe rantainya memiliki klip sambungan.

“Cara yang kedua adalah panjang rantai bisa dihitung dari pin. Dua pin berarti dihitung satu mata,” ujar Hariyadi dari Quality Assurance PT FSCM.

Ada yang menarik! Panjangnya rantai di salah satu motor bisa saling tukar dengan merek dan tipe motor berbeda. Mau bukti? Silakan ambil contoh rantai yang berkode 428-100. Kode rantai ini dipakai untuk Suzuki Bravo, Yamaha F1Z-R dan Yamaha Jupiter. Artinya, ketiga motor ini bisa saling tukar rantai.

Malah, rantai Suzuki New Shogun 125 generasi awal dengan kode 428SB-100 dijamin bisa pasang ke Suzuki Bravo, Yamaha F1Z-R dan Jupiter. Bahkan, adanya kode SB yang berarti bushing tipe atau Solid Bushing. Kategori bushing yang lebih tinggi dibanding rantai tanpa SB.

Tapi, hampir semua rantai yang memiliki kode tiga angka pertamanya sama belum tentu panjang rantainya juga sama. Ambil contoh, 428-112, 428-100 atau 428-104 yang punya tiga angka di depan sama, tapi memiliki ukuran panjang yang berbeda.

Sederhananya bisa dilihat kalau beli rantai, patokan dasarnya adalah kode panjang rantai. Setelah melihat panjang rantai, selanjutnya silakan cek tiga angka di depannya.

“Pabrikan sendiri punya hitungan sangat rumit antara ukuran sproket depan-belakang dan panjang rantai. Seandainya jumlah panjang rantai akan berbanding lurus dengan jumlah mata sproket depan-belakang,” ungkap Hariyadi yang tinggal di kawasan Plumpang, Jakarta Utara.

Jadi, panjang rantai modal dasar untuk mengetahui spek rantai motor yang dipakai. Enggak perlu bingung juga untuk bisa menghafal di luar kepala. Karena yang paling penting adalah mengetahui ukuran panjang rantai.

Gitu! (motorplus-online.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: