Tangki Honda BeAT Tersumbat Karena Parkir Lama

Tangki Honda BeAT Tersumbat Karena Parkir Lama

Edisi terdahulu pernah dibahas soal tutup tangki Yamaha Scorpio keluaran perdana tersumbat. Sehingga kerap mati mendadak pada saat motor dijalankan. Persoalannya, lubang sirkulasi di tutup tangki terlalu kecil. Karena vakum, bensin tidak mau ngocor.

Kejadian serupa juga dialami Honda BeAT milik awak redaksi. Bedanya bukan saat dibawa jalan, tapi skubek ini nggak mau hidup setelah hampir satu mingu parkir tanpa ada langkah pemanasan.

Menurut pengakuan Endro Suryono yang fotografer MOTOR Plus BeAT-nya baru bisa hidup setelah tutup tangki dibuka. Anehnya, dari lubang tangki terdengar suara letupan halus diringi uap gas.

Berdasarkan analiasis Dendy Apriyadi alias Odoy, mekanik Fatir Jaya Motor, penyebabnya tidak jauh beda dengan yang dialami Scorpio. Lubang sirkulasi tidak lancar sehingga bensin tidak mau mengalir ke bak karbu. Padahal keran vakum sudah dalam posisi terbuka saat mesin akan dihidupkan.

“Ini bisa terjadi di semua motor. Lantaran terjadi kevakuman di dalam tangki. Lalu kevakuman itu yang menyebabkan timbul suara dan munculnya asap dari lubang tutup tangki,” lanjut pria buka praktik di Jl. Raya Gadog, depan Cafe Dumati, Bogor.

Mengantisipasinya tidak harus ganti tutup tangki baru. Selain lumayan mahal, tidak semua toko onderdil menyediakan. Mending disiasati membesarkan lubang hawa, sekalian dibersihkan apakah lubang tutup wadah bensin tadi ditimbuni debu. Apalagi lubang hawa ini terbilang rutin dialiri udara dari luar.

“Untuk membesarkan lubang tangki tadi, bisa diakali pakai mata bor lebih besar dari lubang sirkulasi. Dan saat melubangi, usahakan sisa geram tidak masuk tangki sambil di semprot pakai kompresor,” wanti Odoy. (motorplus-online.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: