Ninja 400R, Moge Tanggung Cocok di Jalanan Indonesia?

24 Mar
Kawasaki Ninja 400R

Ninja 400R, Moge Tanggung Cocok di Jalanan Indonesia?

Kawasaki ZX 6 dipastikan akan resmi dijual di Indonesia pada bulan Juli 2011 lewat sang ATPM, PT Kawasaki Motor Indonesia. Kabar gembira ini justru mengingatkan kita pada line up Kawasaki Ninja 400R. Kakak kandung Ninja 250R ini diyakini lebih cocok di jalanan Indonesia.

Masa sih? Yuk kita tengok wujudnya. Masih sama seperti Ninja 250R, motor ini dibekali fairing yang menutupi semua bagian mesinnya. Tampangnya pun benar-benar sporty.

Secara dimensi tentunya tidak sebesar Ninja 250R, membuatnya lebih mudah selap selip di jalanan Indonesia. Posisi duduknya pun lebih tegak, bahkan arahnya lebih dekat ke sepeda motor berdarah sport turing. Setang tinggi dan posisi jok rendah.

Yang unik adalah desain suspensi belakangnya. Dipasang di sisi samping kanan, sehingga bisa terlihat secara utuh. Meski dipasang di posisi yang tidak wajar, namun Kawasaki meyakinkan bahwa fungsinya tetap baik. Stabilitas serta dukungan kekuatan sasis baja membuatnya tetap mantab di kecepatan tinggi.

Sedang mesinnya berkode ER400BE mengusung dua silinder segaris. DOHC, empat klep tiap silinder dan sudah dilengkapi dengan liquid-cooled. Mesin ini berkarakter over bore, diameter pistonnya 68,4 mm dan stroke-nya 54,3 mm. Kapasitas bersih ruang bakarnya 399cc.

Powernya 44 Ps di 9.500 rpm, sedang torsinya 37Nm di 7500 rpm. Bandingkan dengan Ninja 250 yang powernya 31 Ps dan torsi 21 Nm. Beda 10 Ps, pasti terasa bedanya!

Layaknya moge pada umumnya, di Jepang Ninja 400 ini dijual dengan fitur safety Antilock Brake System (ABS). Harganya menyentuh 719 ribu Yen atau sekitar Rp 77,4 jutaan.

Tapi buat yang ingin lebih hemat tanpa ABS, bisa ditebus 649 ribu Yen atau senilai Rp 69,6 juta. Kawasaki menyediakan dua pilihan warna, yaitu hitam dan hijau yang jadi ciri khas Kawasaki selama ini.

Wah, kalau masuk Indonesia, kena pajak ini-itu pasti jatuhnya lebih mahal! (motorplus-online.com)

Add to FacebookAdd to DiggAdd to Del.icio.usAdd to StumbleuponAdd to RedditAdd to BlinklistAdd to TwitterAdd to TechnoratiAdd to Yahoo BuzzAdd to Newsvine

3 Responses to “Ninja 400R, Moge Tanggung Cocok di Jalanan Indonesia?”

  1. destha. 24 March 2011 at 10:44 am #

    mantaabbbssss

  2. sang pujangga 24 March 2011 at 10:39 am #

    wah kayanya bakalan ngumpilin duit nih buat ganti motor

  3. agsstwn 24 March 2011 at 8:31 am #

    Wah, ini baru motor keren kalok bener masuk Indonesia…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: